Laman

Rabu, 02 Maret 2011

Macam-macam Roda gigi

Roda gigi (gear) adalah roda yang terbuat dari besi yang mempunyai gerigi pada permukaannya. bentuk gigi di bentuk sedemikian rupa hingga dapat bekerja secara berpasangan dan setiap pasangan terdapat sebuah roda gigi yang menggerakkan (driving gear) dan sebuah roda gigi yang di gerakkan (driven gear). Suatu kelompok atau kumpulan roda gigi dengan komponen lain membentuk suatu sistem transmisi dalam satu kendaraan, mereka terletak dalam suatu wadah yang di sebut transmision case, atau kadang juga di sebut gear box.

Beberapa macam desain roda gigi yang dipergunakan pada transmisi adalah :


  1.  Roda gigi jenis Spur - bentuk giginya lurus sejajar dengan poros, dipergunakan untuk roda gigi geser (Sliding mesh).
  2. Roda gigi jenis Helical - bentuk giginya miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan syncrohro-mesh).
  3. Roda gigi jenis Double Helical - bentuk giginya dobel miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchrom-mesh).
  4. Roda gigi jenis Epicylic - bentuk giginya lurus atau miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi yang tidak tetap kedudukan titik porosnya (Constant mesh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar