Laman

Kamis, 03 Maret 2011

Mekanisme pengoprasian Transmisi manual

Mekanisme pengoperasian transmisi manual Mekanisme pengoperasian transmisi, berfungsi untuk menyediakan hubungan antara pengemudi dengan bekerjanya transmisi. Sehingga mekanisme pengoperasian merupakan sarana untuk mengendalikan bekerjanya transmisi oleh pengemudi. Dengan demikian pengemudi dapat memilih gigi kecepatan yang dianggap sesuai dengan kondisi kecepatan dan beban kendaraan. Konstruksi mekanisme pengoperasian ada tiga macam,yaitu sistem handel langsung, sistem handel pada kemudi, dan sistem menggunakan kabel baya elastis. Sistem pemindah gigi handel langsung konstruksinya dapat dilihat pada gambar 13 berikut ini : 




Perhatikan gambar 13, Kalau tuas pemindah didorong penuh ke kiri oleh pengemudi, maka lengan selektor akan berada pada tuas garpu gigi 1 dan 2. pada posisi ini bila pengemudi mendorong kedepan , berarti lengen selektor menarik tuas garpu gigi 1 dan 2 dan membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 1. Sebaliknya bila menarik tuas pemindah kebelakang berarti mendorong  tuas garpu gigi 1 dan 2 dan membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 2. Kalau tuas pemindah dilepas oleh pengemudi, maka tuas pemindah akan berada ditengah dan lengan selektor akan berada pada tuas garpu gigi 3 dan 4. pada posisi ini bila pengemudi mendorong kedepan , berarti lengen selektor menarik tuas garpu gigi 3 & 4 dan membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 3. Sebaliknya bila menarik tuas pemindah kebelakang berarti mendorong tuas garpu gigi 3 & 4 dan membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 4. Kalau tuas pemindah ditarik penuh ke kanan oleh pengemudi, maka lengan selektor akan berada pada tuas garpu mundur. pada posisi ini bila pengemudi menarik tuas pemindah kebelakang berarti mendorong  tuas garpumundur dan membawa roda gigi masuk ke posisi gigi mundur. Sistem pemindah gigi handel pada kemudi konstruksinya dapat dilihat pada gambar 14 berikut ini.


Pada prisipnya pemindahan gigi di dalam transmisi sama dengan yang telah dijelaskan di atas. Sistem ini dipergunakan agar samping pengemudi ruangannya dapat dipergunakan  untuk tempat duduk. Contoh pada kendaraan adalah dipergunakan pada mobil Mitsubishi L300. Sementara untuk sistem menggunakan kabel baya elastis, seperti terlihat pada gambar 14 berikut ini dipergunakan pada kendaraan sedan dengan front wheel drive dan mesinmelintang. Sistem ini lebih fleksibel dan mampu untuk menjang kau posisi transmisi yang sulit yang tidakmemungkinkan digunakan kedua sistem sebelumnya.




2 komentar:

  1. Brarti dalam pengoperan gigi pertama dlm mobil L300 gigi satu brada di paling atas dorong depan...

    BalasHapus
  2. saking tergila2nya sama transmisi di stir sampek skrng ini lg ngumpulin duit buat beli L300 second...
    kok ndak ada lagi sih mobil yg giginya didesain kayak L300 ini??? padahal sangat ergonomis banget!!!!

    BalasHapus