Laman

Sabtu, 05 Maret 2011

Macam-macam ruang bakar Mesin Diesel





1). Type Injeksi langsung ( Direct Injection )

Injection nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar utama (main combustion) yang terdapat pada piston dan cylinder head.








Macam-macam Ruang Injeksi langsung




Keuntungan :
1. Effisiensi panas tinggi (tidak memerlukan glow plug).
2. Konstruksi cylinder head sederhana.
3. Karena kerugian panas kecil, perbandingan kompresi dapat diturunkan.

Kerugian :
1. Pompa injeksi harus menghasilkan tekanan yang tinggi.
2. Kecepatan maksimum lebih rendah.
3. Suara lebih besar (berisik).
4. Bahan bakar harus bermutu tinggi.


# Type Ruang bakar kamar depan
Bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle ke precombustion chamber. Sebagian akan terbakar di tempat dan sisanya yang tidak terbakar akan dibakar habis di ruang bakar utama (main chamber).


Keuntungan :
1. Pemakaian bahan bakar lebih luas.
2. Detonasi dapat dikurangi karena menggunakan injektor tipe throttle.
3. Motor tidak terlalu peka terhadap perubahan timing injeksi.

Kerugian :
1. Cylinder head rumit dan biaya pembuatan mahal.
2. Memerlukan glow plug.
3. Pemakaian bahan bakar lebih boros.


# Type kamar pusar ( Swirl Chamber Type )
Kamar pusar mempunyai bentuk spherical. Udara yang dikompresikan piston memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi.  Sebagian akan terbakar di tempat dan sisanya yang tidak terbakar akan dibakar habis di main combustion chamber.


Keuntungan :
1.  Kecepatan motor tinggi.
2. Gangguan pada nozzle (tipe pin) lebih kecil.
3. Operasi motor lebih halus.

Kerugian :
1. Konstruksi cylinder head rumit.
2. Effisiensi panas rendah.
3. Menggunakan glow plug.
4. Detonasi lebih mudah terjadi.


# Konstruksi Mesin Diesel




Tidak ada komentar:

Posting Komentar