Laman

Sabtu, 05 Maret 2011

Siklus pembakaran mesin Diesel Dan Detonasi (Knocking)

1). Proses perbandingan kompresi dan Temperatur
Udara dalam silinder dikom presikan oleh adanya gerakan naik piston yang menyebabkan temperatur meningkat. Grafik di samping memperlihatkan hubungan secara  teori antara perbandingan kompresi, tekanan kompresi  dan suhu. Apabila perbandingan kompresi 16, maka tekanan kompresi dan temperatur dalah 30 kg/cm2 dan 500°C.

 2). Proses Pembakaran Mesin Diesel


Proses pembakaran pada motor diesel dibagi menjadi 4 tahap :
1.Saat pembakaran tertunda (Ignition Delay)=A- B Tahap dimana bahan bakar yang diinjeksikan baru bercampur dengan udara agar terbentuk campuran yang homogen.
2.  Saat perambatan api (Flame propagation) = B-C  Terjadi pembakaran di beberapa tempat yang menyebabkan terjadinya letupan api yang mengakibatkan kenaikan tekanan dan temperatur secara drastis.
3.  Saat pembakaran langsung (Direct Combustion) = C-D  Pada phase ini, bahan bakar yang diinjeksikan langsung terbakar.
4.  Saat Pembakaran Lanjut (After Burning) = D-E  Phase ini membakar sisa campuran bahan bakar dan udara yang belum terbakar.


Detonasi ( Knocking )

Detonasi adalah getaran atau suara ledakan yang ditimbulkan oleh pembakaran yang tidak sempurna.Metoda dibawah ini adalah cara mengatasinya :
  1. Gunakan solar yang angka cetanenya tinggi
  2. Menaikkan tekanan dan temperatur udara
  3. Mengurangi Volume injeksi saat memulai injeksi
  4. Menaikkan temperatur ruang bakar





Tidak ada komentar:

Posting Komentar