Laman

Kamis, 03 Maret 2011

Perawatan dan Pemeliharaan Transmisi Manual

Perawatan dan pemeliharaan Transmisi manual. Pemeliharaan dan perawatan transmisi manual, tidak terlalu rumit namun memerlukan ketelitian. Pertama, memeriksa kebebasan gerak tuas pemindah. Kebebasan yang berlebihan disebabkan oleh keausan baut-baut penyambung, kerusakan bushing sambungan, atau penyetelannya. Secara visual/pengamatan langsung permasalahan tersebut dapat dilakukan. Kedua, memeriksa pelumasan transmisi. Pelumasan pada transmisi sangat penting, mengingat transmisi terdiri dari banyak komponen yang saling bersentuhan satu dengan yang lainnya. Pelumasan diperlukan untuk menghindari terjadinya keausan sebagai akibat kontak langsung antar logam komponen transmisi. Transmisi pada umunya menggunakan minyak pelumas dengan viscositas SAE 80 atau SAE 90, namun demikian dalam menggunakan minyak pelumas untuk transmisi perlu melihat manual masing-masing produk kendaraan. Karena dimungkinkan terdapat  perbedaannya. Setiap 1500 km perlu dikontrol mengenai jumlahnya. Ketiga, pemeriksaan terhadap gejala-gejala kerusakan. Pemeriksaan ini terkait dengan kinerja transmisi, yaitu apakah transmisi dapat melakukan fungsinya dengan baik. Untuk melakukan pemeriksaan ini, berarti kendaraan harus dijalankan atau sering disebut dengan tes jalan. Gejala-gejala berikut ini menandakan bahwa terjadi kesalahan pada unit transmisi manual, (1)Gigi Loncat dari hubungan. (2)Gigi sulit Masuk. (3)Suara berisik yang tidak normal.
Dari gejala-gejala di atas dapat dianalisis faktor penyebab, dan proses perawatan atau perbaikannya.Hasil analisis sepertiterlihat pada tabel berikut ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar