Laman

Rabu, 02 Maret 2011

Prinsip Kerja Transmisi

Transmisi manual dan komponen-komponennya yang akan kita bahas ini adalah yang dipergunakan pada kendaraan bermotor. Transmisi manual dan komponen-komponennya merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu sistem yang berfungsi mengatur tingkat kecepatan dalam proses pemindahan tenaga dari sumber tenaga ( mesin ) ke roda kendaraan ( pemakai/penggunaan tenaga ).
Sistem pemindahan tenaga secara garis besar terdiri dari unit kopling,transmisi,deferensial,poros dan roda kendaraan. Sementara posisi transmisi manual dan komponennya terletak pada ujung depan sesudah unit kopling dari sistem pemindah tenaga pada kendaraan.
Fungsi Transmisi adalah untuk mengatur perbedaan putaran antara putaran mesin (melalui unit kopling ) dengan putaran poros yang keluar dari Transmisi. Pengaturan putaran ini di maksudkan agar kendaraan mampu bergerak sesuai dengan beban dan kecepatan kendaraan.

Posisi Transmisi manual pada kendaraan secara skema dapat dilihat pada gambar berikut.


Rangkaian pemindah tenaga berawal dari sumber tenaga ( Engine ) kesistem pemindah tenaga, yaitu masuk ke unit kopling ( Clutch ) diteruskan keTransmisi ( Gear Box ) ke propeller shaft dan keroda melalui deferensial ( final drive ).

Konsep kerja transmisi manual dapat di jelaskan melalui gambar 2 dan 3 berikut :



Berdasarkan gambar 2 tersebut, dapat dilihat perbedaan antara keduanya. Gambar pertama seseorang mendorong mobil di tanjakan secara langsung, sementara gambar 2 menggunakan tongkat pengungkit. melihat kondisi tersebut,seseorang yag menggunakan pengungkitlah yang lebih ringan. karena menggunakan transfer momen melalui tongkat. semakin panjang lengan maka tenaga yang dikeluarkan untuk mendorong kendaraan akan semakin ringan.
Konsep diataslah yang kemudian dipergunakan dalam membuat desain Transmisi, dimana lengan pengungkit tersebut diterapkan pada diameter roda gigi. sehigga transmisi kendaraan juga disebut dengan Gear Box atau kotak roda gigi, karena komponen utama transmisi adalah roda gigi.

Konsep pemindahan tenaga melalui roda seperti terlihat pada gambar 3 berikut :


Gambar 3(a) menggambarkan lengan pengungkit sederhana. Pada posisi seimbang persamaannya M x I = m x 4I artinya massa m yang hanya 1/4 M dapat mengangkat M. Hal ini menunjukkan bahwa dengan gaya yang kecil dapat mengangkat massa yang beratnya 4kali lipat, karena di gunakanya sistem lengan pengungkit.
Gambar 3(b) menunjukkan bagaimana dua piringan dipergunakan sebagai lengan pengungkit. Pada contoh tersebut massa yang di gantungkan pada poros C akan mengangkat beban yang ada di poros D. Rangkaian ini mungkin dapat dipergunakan untuk memahami konsep kerja transmisi, mesin dihubungkan ke poros C, dan yang keroda dihubungkan ke D. Apabila diameter piringan B di buat 3kali piringan A, maka momen yang dihasilkan 3kali lipat. Namun bila perbandingan giginya (gear ratio ) 2 : 1 maka roda gigi A berputar dua kali sedangkan roda gigi B satu kali. Momen pada roda gigi A 1/2 dari roda gigi B, atau gaya angkatnya akan setengah dari beban yang di angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar