Udara dalam silinder dikom presikan oleh adanya gerakan naik piston yang menyebabkan temperatur meningkat. Grafik di samping memperlihatkan hubungan secara teori antara perbandingan kompresi, tekanan kompresi dan suhu. Apabila perbandingan kompresi 16, maka tekanan kompresi dan temperatur dalah 30 kg/cm2 dan 500°C.
2). Proses Pembakaran Mesin Diesel
Proses pembakaran pada motor diesel dibagi menjadi 4 tahap :
1.Saat pembakaran tertunda (Ignition Delay)=A- B Tahap dimana bahan bakar yang diinjeksikan baru bercampur dengan udara agar terbentuk campuran yang homogen.
2. Saat perambatan api (Flame propagation) = B-C Terjadi pembakaran di beberapa tempat yang menyebabkan terjadinya letupan api yang mengakibatkan kenaikan tekanan dan temperatur secara drastis.
3. Saat pembakaran langsung (Direct Combustion) = C-D Pada phase ini, bahan bakar yang diinjeksikan langsung terbakar.
4. Saat Pembakaran Lanjut (After Burning) = D-E Phase ini membakar sisa campuran bahan bakar dan udara yang belum terbakar.
Detonasi ( Knocking )
Detonasi adalah getaran atau suara ledakan yang ditimbulkan oleh pembakaran yang tidak sempurna.Metoda dibawah ini adalah cara mengatasinya :
- Gunakan solar yang angka cetanenya tinggi
- Menaikkan tekanan dan temperatur udara
- Mengurangi Volume injeksi saat memulai injeksi
- Menaikkan temperatur ruang bakar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar